Jumat, 10 Agustus 2012

Hindarilah AC di rumah anda!




  • Dari aspek kesehatan, penggunaan AC lebih banyak membawa dampak buruk. 
  1. AC yang lupa dibersihkan dapat menjadi sarang kuman.
  2. Sirkulasi udara dalam Ruangan ber-AC sangat kurang, karena itu mudah sekali terjadi penularan kuman antar individu dalam suatu ruangan ber-AC.
  3. Umumnya kamar yang sudah ber-AC jarang dibuka jendelanya bahkan tirai-nya selalu tertutup, sehingga kamar menjadi lembab dan tidak terkena sinar matahari. Padahal sinar matahari mampu membunuh sebagian besar kuman di udara.
  4. Bagi anak-anak yang mempunyai masalah kesehatan dengan asma atau alergi, AC dapat memperparah kondisi penyakitnya, bahkan akan sulit hilang dan menahun.
  5. Kulit cenderung mengering bila terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC.
  6. AC bisa menyebabkan ketergantungan. Bagi kita yang terbiasa tidur dengan AC, terutama anak-anak, pasti akan sangat terganggu bila terjadi pemadaman listrik. Bahkan ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli genset, padahal genset berbahan bakar bensin sangat mudah meledak dan terbakar, sehingga sangat berbahaya.
  • Karena itu sedapat mungkin hindarilah kebiasaan tidur dengan AC, terutama pada anak-anak, karena kebiasaan tersebut akan terbawa sampai dewasa dan menimbulkan KECANDUAN AC!
  • Dan tentu saja dari segi lingkungan, penggunaan AC sangat tidak ramah lingkungan;
  1.  Boros listrik dan menambah pengeluaran.
  2. Boros energi berarti menambah emisi karbon.
  3. Menambah emisi karbon berarti membuat bumi semakin panas (pemanasan global), padahal pemanasan global membuat semakin banyak orang menggunakan AC. Apalagi harga AC semakin lama semakin murah, dan harga listrik tidak pernah naik. Jadilah sebuah lingkaran setan....
Karena itu kita harus berani berkata ENOUGH ! Mari membangun rumah sehat dengan sirkulasi yang baik sehingga nyaman dan tidak perlu pakai AC!